Nyantri itu Kece

Pengasuh Pondok Pesantren MBS Ponorogo dan Pengasuh Pondok Pesantren Al Munawwarah Malang

Pengajaran unggul sekarang merupakan kebutuhan penting bagi orang tua pada umumnya hingga Indonesia tanpa terkecuali. Apalagi jika persoalan tersebut dikaitkan dengan persaingan global di milenial ini. Lapangan pekerjaan yang ada semakin diperebutkan oleh para pencari kerja dengan rasio yang sangat tidak sesuai sehingga mengakibatkan pengangguran merajalela, belum lagi yang paling parah adalah dekandensi moral anak-anak penerus bangsa, narkoba menjadi-jadi, perjudian, sex bebas dan bahkan lesbian, gay, biseksual dan transgender.

Oleh karenanya banyak para wali berani untuk mengeluarkan biaya lebih guna memperoleh pendidikan yang baik. Sekolah-sekolah unggulan maupun kursus menjamur dimana-mana. Namun sebenarnya yang harus diinsyafi oleh wali adalah bukan persoalan kecerdasan intelegence Quuotient semata-mata, karena penelitian yang ada menyebutkan bahwa kesuksesan manusia tidak semata-mata berdasarkan kecerdasan tersebut, namun ada sebab-sebab lainnya seperti Emotional Quotient dan lain lainnya.

Membincang persoalan pendidikan terunggul maka tidak bisa dilepaskan dari pembahasan pondok pesantren sebagai salah satu lembaga pengajaran yang masih recomended untuk menjadi rujukan para santri. Pesantren merupakan satu-satunya lembaga pendidikan terdahulu di nusantara bahkan sebelum Indonesia lahir, maka wajar telah banyak menghasilkan alumni-alumni di belahan penjuru Indonesia. Terkecuali daripada itu, pesantren juga satu-satunya lembaga pendidikan yang proses pembelajarannya tidak dibatasi waktu, misalnya sejak pukul 07.00 pagi hingga 12.00, melainkan 24 jam dalam sehari semalam.

Kebaikan pendidikan Pondok bukan hanya karena faktor lamanya waktu pembelajaran dalam sehari semalam, namun juga didorong banyak hal pendukung lainnya dimana hal tersebut dapat dipetakan dalam beberapa aspek. Pertama bahwa di pondok para santri mempunyai orang tua yang selalu berdekatan dengan dirinya, yaitu selain para guru dan ustadz, ada seorang pengasuh/ kyai pesantren yang tidak lain adalah sosok penting di dalamnya.

hal lainnya adalah pembelajaran kedisiplinan yang countinoue, para santri wajib mentaati semua peraturan yang ada baik berkaitan dengan tempat, di kamar mandi, di dapur, di kelas, di masjid, di kantin, di kamar tidur dan lain sebagainya. Selain aturan-aturan tempat adalah peraturan uniform. Semua tempat dan kegiatan hampir mempunyai uniformnya sendiri agar kedisiplinan semakin baik. Peraturan-peraturan yang tidak kalah mengesankannya adalah yang berkaitan dengan bahasa unggulan, dimana pada umumnya pesantren mewajibkan bahasa asing, dan ini merupaan keunggulan dunia pesantren.

Kelebihan lainnya yang tidak dimiliki lembaga pendidikan pada umumnya adalah standar prestasi peserta didik. Bahwa kecerdasan bukanlah satu-satunya standar ukuran yang membuat dia bisa naik kelas atau bahkan lulus, melainkan ada faktor penunjang lainnya, yaitu akhlak. Sepintar apapun seorang anak, jika ia tidak mempunyai akhlak yang baik maka dipastikan tidak akan memenuhi kriteria kenaikan kelas/ lulus. Bahkan tidak jarang di pesantren yang ada menambahkan faktor hafal al qur’an.

So, Sekarang adalah membulatkan tekad dan menguatkan niat, segera bergabung bersama kami Pondok Pesantren MBS Ponorogo yang merupakan salah satu pesantren di Ponorogo mengajak impian pendidikan anda menjadi kenyataan, putra-putri yang cerdas, santun dan soleh soleha.

Author: adminweb

2 thoughts on “Nyantri itu Kece

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *