Yuk Nyantri Ke MBS Ponorogo



Pesantren, Hei? apa sih? yang ada di benak ente? Sarung, jilbab, mukena dan qur’an ya? Atau ngaji, ngaji, dan ngaji. malah? Ada yang ngomong Ma’had itu persis di penjara, nggak bisa kemana-mana. Padahal yang bener? tinggal di Pondok itu bukan melulu soal ngaji, ngaji dan ngaji. Banyak hal yang bisa kamu lakukan meski tinggal di pesentren. Kalau ada yang bilang Boarding School itu kudet, itu mungkin karena pernah tinggal saja. Kalau kalian tidak percaya coba simak di bawah ini.


1.Rame Abis.
Kamu yang gak biasa sendiri, bukan jones ya kamsudnya, wah Pondok tuh kuncinya, every where selalu bersama teman-teman yang menyenangkan, ngeselin maupun yang lempeng-lempeng bae. Ketawa nangis bareng, saat eating, tidur, di iqhab maupun kabur. bejibun teman di setiap pojok pesantren, kecuali satu saja, di wc. So tidak aneh, kalau sudah kelar, Boarding School menjadi memori syahdu bagimu.



2.Berjiwa sosial
Di Pondok Enggak ada pembantu, maka adik-adik wajib bisa mandiri, makan, minum dan tentunya mandi sendiri brow ? malu kalau dikit dikit ngeluh manggil ortunya, apalagi calling pak rw untuk menuntaskan kesalahan kalean saat dikasih sanksi misalnya.
Tapi di ma’had diajarkan berjiwa sosial, enggak boleh egois. Pengen menang sendirian. Sesama santri wajib senasib sepenanggungan. susah satu adalah susah bersama, kebahagiaan satu adalah kebahagiaan bersama.


3.Inovatif dan terkadang gokil
Pesantren seperti wahana yang kadang merubah orang di dalamnya menjadi kreatif bahkan menarik dan tapi sometime gokil. Mulai dari buku yang ditandai aneh-aneh agar tidak di ditilep, ember yang berubah jadi peralatan orkes, sapu yang menjadi tempat menulis curhatan, sampai spray yang bisa di buat jadi fasihon show ala hijabers-hijabers syantik di luar sana.
Satu lagi yang keahlian turun temurun adalah kecerdikan ngumpetin hape/ alat elektronik lainnya dari razia keamanan Pesantren.


4.Multilatenta
Kata orang santri itu kuno, bisanya sholat dan ke mushola, padahal enggak, mereka bisa silat, menyanyi, sepak bola, kaligrafi, bahkan bela diri. Mampu lari-lari putar lapangan sepak bola, atau beribadah di mushola selama berjam-jam.


5.Disiplin
Kamu sudah pada mengerti kalau kehidupan anak Pesantren itu penuh dengan aktifitas dari pagi sampai pagi lagi, mulai dari bangun pagi, mandi, sholat, mengaji sampai kemudian tidur kembali. Semua kegiatan tersebut tentu sudah terjadwal dengan pasti. Nah, Udah pengen cari-cari Pesantren kan? kamu bisa ke Ponorogo untuk cari Pesantren di Ponorogo, ada yang Pesantren Moderen, ada juga yang salafiah, ada yang Pesantren NU dan juga Pesantren Muhammadiyah. Di Ponorogo, kamu direkomendasikan ke Pondok Gontor, Wali Songo, MBS Ponorogo.

Author: adminweb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *