FORTASI DI MBS PONOROGO

Tahun ajaran baru 2019/2020 dimulai di seluruh lembaga pendidikan di Indonesia, khususnya tingkat sekolah dasar, sekolah menengah maupun sekolah atas. Kaitannya dengan hal tersebut, Pondok Pesantren MBS Ponorogo mengadakan Khutbatul Iftitah atau Masa Orientasi Siswa (MOS). Acara yang kadang di sebut sebagai Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa”  atau Fortasi merupakan rangkaian program yang dirancang secara sistematis dan terpadu untuk menumbuhkan dan mengembangkan semangat keberagaman dan kepekaan sosial serta merangsang kesadaran berkarya para santri.

Ustdazh Syamsiah

Pada tahun 2019 ini yang nota bene adalah tahun pertama berdirinya pondok MBS Ponorogo, santri yang terdaftar mukim  sejumplah 21 anak yang tersebar dari berbagai daerah di Ponorogo maupun sekitarnya. Fortasi di Pesantren MBS di Kecamatan Balong ini berlangsung setidaknya selama 4 (empat) hari dengan materi yang menarik dan berbeda-beda.

Bersama Kepsek MBS Ponorog

Beberapa materi fortasi atau khutbatul ifititah yang dilaksanakan oleh Pesantren MBS Ponorogo antara lain adalah pengenalan dunia pesantren secara umum dan khusus seperti etika berbusana, etika berbicara dan lain sebagainya. Terkecuali daripada itu, ada juga pendalaman sejarah persyarikatan Muhammadiyah seperti IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) Terkecuali materi yang bersifat pengetahuan, out bond yang menyenangkan digelar dalam rangka menambah keakaraban antara santri maupun dengan fihak pesantren.

Hal yang menarik lainnya dalam acara MOS perdana ini adalah parade lomba masak. Para santri dan santriwati diajak untuk memiliki ketrampilan dan kemandirian hidup, diantaranya adalah masak. Aneka masakan khas ponorogo dan indonesia diramu oleh para santri dengan segala kesemangatan dan pengetahuan yang mereka miliki sebelumnya. Tentu tidak mustahil para koki muda dan belum terlatih tersebut menghasilkan rasa makanan yang berbeda, ada yang berasa lezat, memuaskan, namun tidak jarang juga rasa memilukan. Terlalu asin, manis atau hambar sama sekali.

Para santri mengikuti acara Khutbatul Ifititah dengan semangat dan ceria, terlebih para ustaz/dzah yang ada di MBS Ponorogo terdiri dari anak-anak muda yang enerjik dan smart.

Selamat untuk MBS Ponorogo.

Author: adminweb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *