SEJARAH

SEJARAH

Muhammadiyah Boarding School (MBS) Ponorogo/ dikenal dengan Pondok Pesantren MBS Ponorogo adalah pesantren modern Muhammadiyah yang terletak desa Balong, kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo. Lembaga pendidikan berbasis pondok ini lahir dari kesatuan dan penyatuan misi pendidikan dari amal-amal usaha di bawah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Balong yaitu, SMP Muhammadiyah 04 dan Panti Al Maun, Masjid Ar Rahmah Balong, BMT Surya Mandiri Balong, Swalayan Surya Balong dan lain sebagainya.

SMP Muhammadiyah 4 Balong, secara khusus sebagai embrio dan reinkarnasi pesantren MBS PONOROGO semula didirikan oleh Pengurus Pimpinan Cabang Muhammadiyah Balong. Pada tanggal 1968 dengan nama SMP Muhammadiyah 4 Balong dengan kepala sekolah Bpk. Drs. Budi (alm), dimana sejak berdiri sampai dengan sekarang telah mengalami pergantian kepala sekolah sebanyak 4 kali. Pasca kepala sekolah yang pertama dilanjutkan oleh Bapak Aziz Fanani. B.A (alm), kemudian Bapak Fakih S.Pd, dan dilanjutkan Bapak Sutoyo, S.Pd. sampai sekarang.

Peresmian Pondok Pesantren MBS Ponorogo pada ahad tanggal 3 Juni 2018 oleh PCM Balong di Aula Gedung Sekolah Muhammadiyah Balong sekaligus pelantikan Badan Pembina Harian (BPH) dan Pimpinan Harian (Direksi) pondok pesantren tersebut menandai bahwa sistem pendidikan di SMP Muhammadiyah 4 Balong pada tahun ajaran baru 2019 menjadi lembaga pendidikan berbasis pesantren yang mengelola santriwan dan santriwati selama 24 jam.

 

Ketua PDM Ponorogo Maftuh Bahrul Ilmi MH yang hadir dalam acara tersebut mengatakan pihaknya mendukung 100 persen terhadap berdirinya Pondok Pesantren ini. Menurutnya tujuan umum pondok pesantren didirikan adalah untuk mencetak kader-kader yang memahami secara mendalam ilmu agama islam dan memahami masalah-masalah yang dihadapi umat.